//
- 31 Jan 2012

Kerang Saos Padang

Gara-gara terprovokasi ama postingannya Bebe, akhirnya aku nantangin si hubby untuk moto makanan.

Picture taken by Mayya's hubby
(Klik untuk memperbesar)

Awalnya seperti biasa kami belanja mingguan di pasar tradisional untuk beli ikan dan lainnya. Eh pas lagi, liat-liat ikan, nampak kerang yang masih buka-tutup cangkangnya, jiaaah...masih idup! Semangat deh hubby minta dibeliin. Sekilolah dibawa pulang untuk dimasak.

Sebenarnya sih, bisa aja beli kerang yang gak pakai cangkang lagi, tapi karena aku gak bisa bedain mana kerang yang segar dan gak, apalagi di pasar tradisional ada yang suka curang jualnya, aku lebih milih yang masih hidup, yang berarti masih pakai cangkang.

Dulu aku pernah punya pengalaman, beli ikan yang matanya masih jernih, eh sampai di rumah dibersihin, insangnya udah abu-abu. Pas dimasak, bau busuk minta ampun. Ya Tuhan! Itu ikan sebenarnya dicampur apa sih? Akhirnya ikan itu semua dibuang. Penjualnya kutandai, gak pernah akan beli ke dia lagi.

Terus, sesampai dirumah aku nanya, "Ini kerangnya mau dimasak apa, say? Sup kerang atau saos padang?"
Hubby balik nanya, "Saos padang yang gimana tuh?"
"Saosnya sama seperti kalau masak kepiting saos padang, yang pedes plus saos tomat.", jawabku.
"Yang itu deh, pasti enak. Udah lama gak makan kerang."

Nah, salah satu rintangan kalau beli kerang lengkap dengan cangkang adalah membersihkannya.
Ambil sikat, trus disikat kerang-kerangnya di bawah air mengalir satu persatu.
Sesudah itu, direndam air beberapa kali sampai gak ada lagi lumpur yang nempel.

Karena segala macam resep sudah aku simpan di HP, jadi gak tau lagi ini resep dapat dari mana.
Resepnya udah aku modifikasi, biar lebih enak dan menarik.





Kerang Saos Padang

Bahan:
  1. Kerang 1 Kg
  2. Wortel, dipotong korek api
  3. Daun bawang, dipotong serong
  4. Seledri, dicacah halus
  5. Daun jeruk, dipotong kecil memanjang
  6. Saos Tiram
  7. Saos Tomat
  8. Saos Sambal (yang gak suka pedas, gak usah pakai)
  9. Larutan Maizena
  10. Garam
  11. Merica
  12. Lada hitam
  13. Gula
  14. Penyedap rasa (jika perlu)
Bahan dihaluskan:
  1. Cabe merah
  2. Bawang Putih
  3. Jahe
  4. Bawang Merah
Tips : supaya saosnya enak, takaran bawang putih dan jahe berbanding sama. Misalnya bawang putih 1 sendok teh = jahe 1 sendok teh

Cara masak:
  1. Tumis bahan yang dihaluskan sampai harum. Masukkan air, tambah saos tiram+saos sambal+saos tomat secukupnya. Tambahkan garam, merica, lada hitam, gula dan penyedap rasa.
  2. Tunggu hingga mendidih, masukkan kerang. Kecilkan api, lalu aduk-aduk hingga bumbu meresap. Jika air berkurang, bisa ditambah lagi.
  3. Setelah bumbu cukup meresap dan kerang masak, masukkan wortel dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga wortel setengah matang, lalu masukkan daun bawang.
  4. Terakhir, masukkan larutan maizena, aduk-aduk.
  5. Pindahkan ke piring saji, tabur dengan seledri dan siap disantap!
Porsi 5 orang

Abis masak, biasanya mana kepikiran mau difoto, langsung ditandasin, hehehe... Tapi ntah kenapa, lihat mukanya hubby, jadi teringat kamera. ^_^

post signature

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your thoughts greatly appreciated! Share it with us! (^_^)
Nowadays, I've been have hard times to reply comments or blogwalking to your blog. So, thank you so much for visiting me here!

Facebook

This blog is
Protected by Copyscape Plagiarism Detection
myfreecopyright.com registered & protected
DMCA.com
Copyrighted by Mayya.
Don't copy anything of this blog without any permissions.