//
- 27 Apr 2012

Bukankah Hawa Diciptakan dari Tulang Rusuk Adam?

Update 16 Juli 2012 :
Tulisan ini menjadi salah satu pemenang dalam 'Bagi-Bagi Buku: Lagi-Lagi Poligami' oleh Leyla Hana. Alhamdulillah...Mudah-mudahan menjadi penyemangat untuk terus menulis!


Gara-gara baca postingan Ladeva tentang poligami dalam konteks serius, aku jadi teringat sebuah percakapan mengenai poligami ini dengan suamiku.

Saat itu, buku Catatan Hati Seorang Istri oleh Asma Nadia baru selesai aku baca dan buku ini cukup berkesan buatku. Dan ada salah satu cerita tentang poligami ini di dalamnya.

Nah, waktu itu ketika kami berdua sedang asyik menyaksikan sebuah tayangan TV mengenai wawancara seorang bapak dan istri yang sedemikian banyak.
credit


Hubby : "Sampai sekarang Ayah gak habis pikir deh, kok mau ya ibu-ibu itu nikah sama bapak itu walaupun tahu istrinya udah banyak. Lagian gimana caranya bapak itu nafkahin semuanya? Ckckckck...bla...bla...bla" (Banyak bangetlah omongan si hubby, gak ke-record semuanya di otakku hahaha)

Mayya : (timbul iseng untuk ngerjain si hubby) "Ayah boleh kok nikah lagi...(pasang senyum semanis mungkin)"

Hubby : (kaget tapi sesudah itu wajahnya berubah senang, tuh kaaaan? *minta dicubit bertubi-tubi*) "Ah, masa iya, Bun? Yang bener ni, Bun?" (What? Itu penasaran atau semangat?)

Mayya
: (masih pasang senyum) "Iya bener, Yah...tapi ada syaratnya..."

Hubby
: "Apa tuh?" (What? Jadi beneran mau? Huaaaa gak terimaaaaa! *jedotin kepala ke dinding*)

Mayya : "Syaratnya 3L...Satu.....Lebih muda..."

Hubby : (makin seneng *tangan udah gatal nih pengen nyubit*) "Terus?"

Mayya : "Harus lebih cantik..."

Hubby : "Terus? Terus?"(Malah nagih! Awas ya yah! Grrrrr)

Mayya : "Yang terakhir....LANGKAHI DULU MAYAT BUNDA! Hahahahahaha!" (ketawa puas ngerjain Ayah)

Hubby : (sadar dikerjain, ketawa juga)"Ah, si Bundaaaaa! Hahahahahaha...."

Mayya : "Jadi beneran mau poligami jugaaaa haaaa?????" (langsung nyolot, ngelitikin Ayah sampai minta ampun-ampun)


Pandanganku tentang poligami:
 
Jikalau suamiku bisa membuktikan bahwa tulang rusuknya patah semua sebelum bertemu denganku, well, aku akan dengan senang hati melihat pembuktian demonstrasi bagaimana tulang rusuknya berubah menjadi wanita.. (setelah aku patahkan satu-satu) *sue me!*



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tulisan ini hanya gurauan suami-istri semata,
bukan untuk kepentingan dakwah atau melecehkan agama.
Segala komentar yang mengarah kepada debat kusir akan dihapus.
.
post signature



Tulisan ini diikutkan dalam 'Bagi-Bagi Buku: Lagi-Lagi Poligami' oleh Leyla Hana


48 komentar:

  1. Klo mnrtku say... Cowok yg poligami tanpa alesan yg syar'I itu ga tau diri. Membahagiakan 1 istri scr lahir batin aja blm tentu bisa, apalg membahagiakan banyak istri. Sungguh bagiku klo ada cowok yg sesumbar bs memuaskan banyak istri, mrka itu sombong skali..

    BalasHapus
  2. Jleb... Dalam.... Hahahaha saya masih mencari siapa yang mengambil tulang rusukku

    BalasHapus
  3. Hihihi unutung aku belum nikah :D

    BalasHapus
  4. yah aku bingung sama percakapannya

    BalasHapus
  5. hahaha.... 3L yang ampuh ya, Mbak....
    ato, apa bener tuh, tulang rusuknya patah 2, 3, ato 4? ato mo dipatahin? huuaaaa.... ampun...

    BalasHapus
  6. poligami itu sesuai yang dilakukan nabi...artinya istri pertama-nya harus seorang janda..kalau sudah nikahin janda baru langkah selanjutnya..yang tetap harus sesuai tuntunan nabi :)

    BalasHapus
  7. say no to poligamiiii.....

    BalasHapus
  8. Aku pilih tidak komentar deh... Ketimbang patah rusuk....

    BalasHapus
  9. keren syarat2nya kak mayaa. harus diingat2. kalo nanti aku nikah aku akan mengatakan ini untuk suamiku. hehehehe

    BalasHapus
  10. May, lihat Alquran surat 24 (An Nuur) ayat 30, terus surat 4 (An Nisaa) ayat 3 dan ayat 129. Kesimpulannya, yang namanya adil itu nggak akan pernah bisa. Jadi sudahlah, satu ajalah sampai tua nanti ;)

    BalasHapus
  11. eh mbaknya sih nantang-nantang suami, eh ternyata syarat terakhirnya pakek langkah-langkahan mayat dulu hehe.....

    BalasHapus
  12. hahhahahahaaaaa aku bener-bener setuju mba. baca judul postinganmu aku langsung punya pertanyaan mba.
    "klo pria mau poligami, berarti setiap rusuknya mewakili wanita itu. nah klo manusia punya 12 tulang rusuk, berarti pria punya 12 istri waaaaaaaaaaaaa... kok yaa buanyaaaak yaa" geleng-geleng pala.

    BalasHapus
  13. palyhonic boleh asal jangan poligami...

    BalasHapus
  14. Wah...godain suaminya untuk poligami. Nanti kalau kejadian beneran loh. Hehehe... semoga gak kejadian ya. Naudzubillah.

    BalasHapus
  15. Mba, gue sama suami sering diskusi mengenai topik poligami ini. Gue hargai hak setiap orang, kalo memang disahkan secara hukum dan kedua belah pihak menyetujui. Gue usaha utk gak hakimi orang yg berpoligami. Tp gue pribadi merasa konsep poligami itu bertentangan dengan nature-nya manusia. Konsep "adil" itu sepertinya subjektif sekali. Kayaknya kok banyakan makan hati-nya aja untuk para istrinya. Gue nggak mau hidup nikah isinya makan hati, gue orgnya juga terlalu jealousan, hahaha. Bener2 gak cucok sama poligami, krn keknya poligami itu butuh seorang berhati besar banget.

    BalasHapus
  16. waduh...ngomongin poligami euy?
    berat nih!

    Intinya sih, para lelaki silahkan kalo mau ber poligami bila mampu...

    kecuali abah!!!
    itu udah jadi syarat utama sebelum nikah ama aku soalnya May...

    BalasHapus
  17. Jadi inget status guyonan temen mbak "Aku rela dimadu asal kamu rela diracun" hihihi... Aku si nggak ridho di poligami :P

    BalasHapus
  18. @covalimawatiAku juga sering mikir gitu deh cova, yakin bisa adil seadil-adilnya gituh?

    BalasHapus
  19. @CipuTulang rusukmu itu kayaknya gak jauh deh Cipu, lirik sebelah aja ^^V

    BalasHapus
  20. @system of blogNtar klo udah nikah jangan mau dipoligami ya *eh

    BalasHapus
  21. @Berita TerbaruAh, masa sih bingung? Coba baca ulang lagi gih! *maksa*

    BalasHapus
  22. @Akhmad Muhaimin AzzetHahaha iya mas, soalnya setahu aku, rusuk itu patahnya satu deh!

    BalasHapus
  23. @Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik IndonesiaBener, nabi memang berpoligami krn ada janda2 perang. Tapi suamiku bukan nabi dan disini gak ada janda2 perang :p

    BalasHapus
  24. @DiandraMbak kayak orang demo deh! Hahaha....

    BalasHapus
  25. @Kumbino Bayu PurboHahaha...udah ngerti ya bayu? ;P

    BalasHapus
  26. @lizaItu guyonan yang kucontek dari buku yang kubaca, Liz...Lumayan utk candaan suami istri hehehe...

    BalasHapus
  27. @DellaBener mbak Della, harus adil kan yak?
    Pokoknya setting dari aku udah default: Rusuknya hanya patah satu! Ya aku! ;P

    BalasHapus
  28. @JejakShallyBener kan, filosofinya? Hahaha...Tulang rusuk yang patah itu dalam versi apapun cuma satu kan?
    Klo sempat semua tulang rusuknya patah semua, habislah paru2 ama jantungnya dong!

    BalasHapus
  29. @obat herbal ace maxsPalyhonic itu apa mas? Aku tahunya Polyponic ;P

    BalasHapus
  30. @arqu3fiqAmit2! *ketok2 meja* Itu hanya salah satu candaan suami istri, supaya makin cinta gituuuuh ^_^
    Bukan nantang loh yaaaa...

    BalasHapus
  31. @smallbubblesPemikiran Wu sama banget ama yang aku pikirkan! Setiap hati wanita itu pasti ada nurani yang bilang: I don't share my man! (katanya Ladeva), aku yakin deh! Dan bener, aku gak punya hati yang cukup besar juga utk menampung gejolak kecemburuan dan kesedihan...

    BalasHapus
  32. @Bibi Titi Teliti*toss dulu*
    Lelaki lain boleh memilih monogami atau poligami, tapi default setting utk suamiku: monogami!

    BalasHapus
  33. @HeniGuyonannya mantap! Hahaha...Aku jugaaaah! *toss dulu*

    BalasHapus
  34. haha.. sampai sekarang aku juga masih bertanya kenapa pria suka poligami.. kalau aku sich satu seumur hidupku.. :D

    BalasHapus
  35. @arlyntinaHahaha...tanya kenapa? udah naluri lelaki kayaknya , Lyn... >_<

    BalasHapus
  36. huaahaha....boleh juga tuh offernya. Satu istri, satu rusuk berani gaa wkwkwkw...

    Tapi sbnrnya (mulai coba serius), ayat yang membolehkan lelaki utk poligami itu sebenarnya "melarang" pria poligami. Karena syaratnya harus bisa adil. Kalo ga adil satu aja cukup. Pertanyaannya, apakah ada manusia yang bisa berlaku adil? ;) Drpd dekat ke aniaya kan.

    Just quoting:
    Qs AnNisa:3

    Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

    BalasHapus
  37. @VicaWah, dalilnya nampang disini hehehe...
    Iya bener mbak, seperti kata Cova, sombong sekali lelaki yang meng-claim dirinya bisa adil...Klo secara harta sih mungkin, tapi hati? Siapa yang tahu? ^^V

    BalasHapus
  38. Hihi lucu percakapannya... hihi....

    BalasHapus
  39. bukan cuma patah rusuk, tapi juga patah hati.. lah dibagi-bagi gitu? emang sanggup? :D

    BalasHapus
  40. @Uzay ^,^Mana lucu ama OVJ, zay? Hihihi...

    BalasHapus
  41. @Sary Ahditulah pertanyaan besarnya mbak ^^

    BalasHapus
  42. wah...poligami toh topik discuss nya ????
    weh..weh..berat juga yah syaratnya klo beneran 3L, he..he..he.. Padahalkan di QS An Nisa syaratnya harus bisa Adil.

    Klo aku secara pribadi tidak berusaha setuju atau tidak setuju dengan Poligami ini, tapi lebih ke arah konteks bahwa Hukum poligami dalam agama diperbolehkan bagi yang mampu.


    that's it, no more.
    salam kenal.

    BalasHapus
  43. @sarip2hamidMakasih atas pandangannya ya mbak ^_^

    Salam kenal kembali...

    BalasHapus
  44. diperbolehkan seorang laki-laki melakukan poligami, dengan syarat dan ketentuan berlaku, poligami adalah sebuah solusi, hal yang diperbolehkan, bukan diwajibkan, karenanya saya pribadi berpendapat silahkan yang mampu melakukannya, tapi saya perlu berpikir berulang kali mengingat syarat dan ketentuan yang menyertainya.

    BalasHapus
  45. @Abi SabilaDan aku pun perlu berpikir ulang juga jika suamiku yang melakukannya ^_<

    BalasHapus
  46. Lucu tulisannya, mba Maya... terima kasih dah ikut serta ya...

    BalasHapus
  47. @Leyla Hana MenulisMakasih juga sudah didaftarin ya mbak ^_^

    BalasHapus

Your thoughts greatly appreciated! Share it with us! (^_^)
Nowadays, I've been have hard times to reply comments or blogwalking to your blog. So, thank you so much for visiting me here!

Facebook

This blog is
Protected by Copyscape Plagiarism Detection
myfreecopyright.com registered & protected
DMCA.com
Copyrighted by Mayya.
Don't copy anything of this blog without any permissions.