//
- 30 Okt 2012

Hidangan Istimewa Idul Adha 1433H

credit
Udah beberapa hari mikirin mau masak apa pas nanti di hari Idul Adha tetap aja belum bisa memutuskan mau buat di H-1. Pagi-pagi hari di H-1 baru ingat dua minggu yang lalu beli ubi ungu di pasar kaget, karena ubi ini emang langka, jarang banget ditemukan disini. Niat untuk mengolah si ubi ungu ini terlupakan begitu saja sampai hari H-1.
Teringatlah beberapa minggu yang lalu, mbak Ika Dapur Hangus pernah posting tentang nasi uduk ungu-nya yang fenomenal (lebaaaay...), jingkrak-jingkrak deh di dalam hati karena ini bakalan jadi sajian istimewa! Tapi sesudah itu bingung, lauk pendampingnya apa? Ayam goreng? Ah biasa!

Hmmmm...kayaknya rendang bakalan enak nih! Udah lama kepengen masak rendang tapi gak jadi-jadi juga (maklum niat aja yang besar, NATO: no action talk only). Diputuskanlah bakalan masak rendang ayam untuk  pendamping si nasi uduk ungu.

Tapiiiii (lah ada tapi lagi nih) diriku terlalu pelit untuk bagi-bagi ke tetangga itu si rendang ayam. Too delicious! Hahaha *dasar emak-emak pelit*
Dan diputuskan jugalah bakalan ngukus telur rebus agak banyakan dan buat sambal terasi. Ditambah ekstra kerupuk dan bawang goreng. Beli bawang goreng aja nitip tetangga, saking malesnya hahaha....

Berbekal santan yang udah tersimpan di freezer dan nambah beli kelapa parut, pertama-tama buat rendang ayam. Saya gak bisa ngasih resepnya karena emang tidak tahu! Ha? Kok bisa?
Ya iyalah, emak praktis (lebih mengarah ke malas sih) lebih suka tinggal bilang mantra ajaib supaya rendang enak: "Uda, tolong bungkus bumbu rendang utk setengah kilo daging ya!". Iyak bener, jadi klo dunia perbumbu-an ala minangkabau udah diserahkan ama tukang jual bumbu di pasar. Mereka pasti lebih expert! *plaaak*

Kalau sudah ada bumbunya, segalanya jadi mudah! *iklan apa ini?* Santan kental, bumbu rendang, daun kunyit, daun salam dan daun jeruk serta serai, dan kekuatan bisep untuk mengaduk hingga santan kering adalah kuncinya.... *halah*

Rendang ayam udah jadi, lanjutin dong bikin telur rebus dan nasi uduk ungu. Resep nasi uduk ungunya intip di Dapur Hangus yak! Lebih praktis lagi karena cuma masak di rice cooker. Karena mau dibagiin ke tetangga (sekalian pamer bikin inovasi baru muahahahaha) dibuatlah dalam porsi agak banyak. Berbekal kukusan bawaan rice cooker, sekalian ngukus telur rebus deh. Tinggal tunggu setengah jam, jadi!
Garamnya kurang berasa dan nasinya masih berasa getir sedikit, masukkan air dikit lagi dan tambah garam sejumput, ulang lagi masak. Dan setelah masak, rasanya seperti yang diharapkan! Lezaaaat!

Kupas-kupas telur dan mulai masak sambal terasi dan kerupuk melinjo, semuanya selesai!

Pagi-pagi abis sholat Ied dan melihat hidangan nasi uduk ungu + rendang ayam + telur rebus + sambal terasi, air liur udah gak bisa kompromi. Mauuuuuu.....
Hubby nambah-nambah makannya dan Little Bee yang awalnya memalingkan muka, tapi ketika mencoba dikit nasinya, langsung bilang enak! Hati perempuan mana sih yang gak kege-eran! Hihihi....

Tetangga-tetangga langsung terheran-heran waktu nasi uduk ungu ini dibagiin, bangga banget dong saya! Muahahaha! Mission accomplished!


Selamat Hari Raya Idul Adha, Teman-teman! Dagingnya dimasak apa aja sih?


post signature

37 komentar:

  1. keren, cantik, menarik dan enak ya nasih uduk ungu

    BalasHapus
  2. De gak masak pas Idul Adha, karena udah dimasakin mami sehari sebelumnya. hehehe

    BalasHapus
  3. waaa bikin ngiler sama ubi ungu nya :D

    BalasHapus
  4. Baru tahu ada nasi uduk ungu rasanya gimana mbak? Itu nasi beneran atau campur ketela sih (ok,ke dapur hangus dulu ya..)

    Eh aku ĵµƍα suka gitu kalau masak daging beli bumbu halus di pasar :D

    BalasHapus
  5. kl susah cari ubi ungu, ke tempat sy aja mbak.. disini byk yg jual.. tp bikinin sy nasi uduk ungu ya :D

    BalasHapus
  6. Ha..ha..misimu mantap, mbak :)
    Mbak Mayya, klo dari hp mmg gak bisa yah komentar di blognya mbak Mayya?

    BalasHapus
  7. waaah.. nasi uduk ungunya menggoda bgt say.. kirim kesini juga dooonk.. hihihi

    BalasHapus
  8. lucu banget nasi ungu... :)

    met idul adha ya!!!

    BalasHapus
  9. Waduh enak tuh kayaknya! Kok gak kirim2 ya may?!! hehehe..

    BalasHapus
  10. Huaaaa nasinya unyuuuu.. eh unguuuuu :P

    Kita samaan dong May, bikin nasi uduk, tapi aku putih aja.. hahaha..

    BalasHapus
  11. nasi ungu mirip sama nasi ubi ya mba,soalnya aku pernah cobain nasi ungu & rasanya enak banget

    BalasHapus
  12. @masrafa.comHihihi...gak rempong dong ya ^___^

    BalasHapus
  13. @Haya NufusRasanya kayak nasi uduk biasa juga mbak, dicampur si ubi ungunya itu waktu dimasak ^___^

    *toss dulu dong ah*

    Eh, aku baru tau loh mbak tinggal di Madagaskar! Gak sabar nunggu apdetannya! ^____^

    BalasHapus
  14. @ke2naiAku bikin nasi uduknya disini, ntar mbak jemput yak! Hohoho...

    BalasHapus
  15. @ingafety^^V
    Oh ya? Aku udah setting untuk mobile loh mbak...Coba di cek lagi, udah bisa atau gak?

    BalasHapus
  16. @bebeNasi uduk juga ya be? *toss*
    Ntar bebe yg warna ijo aja *halah*

    BalasHapus
  17. @AndyIya mas, ubinya kerasa juga, manis ubi itu kan enyyyak! ^___^

    BalasHapus
  18. Seruu!! :)
    Selamat Idul Adha juga!
    Di sini ada acara kumpul-kumpul orang Indo, jadi lumayan lah buat kangen-kangenan jadi bisa makan sate domba dan tongseng kambing hihihihi... :) Tapi kayanya masih kalah tuh sama nasi ungu buatan Mayya ;)

    BalasHapus
  19. waaah warnanya unguu.. unyu-unyu banget deh ^^

    bagi dong mba :)

    BalasHapus
  20. @ChitaUdah diposting belum ceritanya? Gak bisa nyicipin, liat gambarnya juga jadi deh ahahaha....tukeran yok!

    BalasHapus
  21. @Ima Nuraniseunyu kamuuuu #eaaaaa
    nih, tangkep yak!

    BalasHapus
  22. Eyaaa. *menangkap lemparan dari mba Mayya dengan kegirangan, kemudian menghabisinya tanpa sisa*

    BalasHapus
  23. waaa naksir ama yang ungunyaa. And it looks so yummy. Eid Mubarak Mayya n fam. :)

    BalasHapus
  24. wew..ngiler liat nasi uduk ungunya..ajarin donk bikinnya mbak...hehe

    slamat idul adha jga mbak #Tltbgtzz
    dagingnya dibkin rendang ama dendeng mbak..

    BalasHapus
  25. ungunya jadinya gonjreng juga ya mba..:D
    tapi keren euuy..bener2 inovasi baru nasi uduk ungu..;)

    BalasHapus
  26. lagi ngebayangin kaya apa rasanya nasi uduk ungu....

    BalasHapus
  27. Lucu banget mba, nasi uduknya ungu heheheee

    BalasHapus
  28. @YouRhaudah diajarin mbak Ika di blognya, ra, gampang kok! ^__^

    BalasHapus
  29. @Desiawalnya malah gelap pas masak malamnya, paginya udah bagus warnanya mbak Des ^_^

    BalasHapus
  30. @Bunda KanayaRasanya kyk nasi uduk biasa campur rasa ubi dikit ^_^

    BalasHapus

Your thoughts greatly appreciated! Share it with us! (^_^)
Nowadays, I've been have hard times to reply comments or blogwalking to your blog. So, thank you so much for visiting me here!

Facebook

This blog is
Protected by Copyscape Plagiarism Detection
myfreecopyright.com registered & protected
DMCA.com
Copyrighted by Mayya.
Don't copy anything of this blog without any permissions.