//
- 4 Jan 2013

Hidup Adalah Pilihan

credit
Ada yang suka nonton Hitam Putih di Trans7 tiap sore? Segmen favorit saya di acara tersebut adalah ketika Deddy Corbuzier mem-bully bintang tamunya lewat "Questions of Life".
Pertanyaan-pertanyaan yang disuguhkan adalah pertanyaan nyeleneh, sama-sama buruk, tapi harus dipilih salah satu.

Ganteng miskin atau jelek kaya?
Poligami atau nikah siri?
Selingkuh atau diselingkuhi?

Coba, mana ada sih mau milih diantara pertanyaan menyebalkan begituh? Tapi sang host dengan sukses 'memaksa' mereka untuk memilih.



Ternyata Deddy Corbuzier dan Mayya memiliki kesamaan dalam bidang ini.

Dan tentu saja, korban "Question of Life" versi Mayya tak lain dan tak bukan adalaaaaah Little Bee, of course!

Disaat menolak berhenti main game : 
Mau bunda yang matiin atau Bee yang matiin?

Disaat menolak makan sayur :
Mau makan sayur atau nanti oo'nya (BAB-nya) keras?

Disaat menolak tidur siang :
Mau tidur sekarang atau disetrap?

Disaat menolak mandi :
Mau masuk kamar mandi sendiri atau bunda angkat ke kamar mandi?

Disaat menolak makan :
Mau suap sendiri atau bunda yang suapin?

Disaat menolak membereskan mainan :
Mau dibereskan mainannya atau bunda yang beresin ke tong sampah?

Disaat merengek minta mainan :
Mau nurut Bunda atau robot-nya dikasih ke XXX?
(Pelaku XXX disini adalah teman sebaya-nya Little Bee yang selalu bertengkar dan berkelahi)

Ketika dia nggak nurut makan sayur dan susah ngeden, akhirnya dia nyerah urusan sayur-mayur, walaupun mau makan sayur hanya ketika disuapin.

Bukan main terharu dan lucu ketika Little Bee makan dan bilang, "Bee mau makan sayur, nanti kalau nggak, oo' Bee keras!". Si bocah 3,5 tahun ini ternyata mengerti maksud emaknya! *usep air mata*

Dibandingkan ancam-mengancam, tenyata melemparkan pertanyaan pilihan jauh lebih baik agar Little Bee menurut pada ayah dan bunda-nya. Di sisi satu, Little Bee dan emaknya gak perlu beradu mulut a.k.a debat dan tarik-tarikan urat. Di sisi yang lain, Little Bee belajar untuk mengambil keputusan yang baik. Hal inilah yang paling penting, karena ini adalah bekal kami sebagai orang tua untuknya kelak, agar ketika dewasa bisa mengambil langkah bijak.

Little Bee belajar arti resiko dan bertanggung jawab. That's the point!

Hayoooo para bunda, siap-kah meng-Question of Life-kan putra-putrinya? hihihi....


post signature

35 komentar:

  1. ntar gedean lagi, pas kita ngasih pilihan, anaknya bakal nawar! hahaha. contohnya ya si andrew. paling suka nawar... :P

    BalasHapus
  2. dulu saya juga gitu Mbak, tapi skr emaknya harus muter otak lagi. Fauzan yg udah 8 tahun, udah bisa membalikkan pertanyaan .. :D

    BalasHapus
  3. Wah bener juga ya..ntar di coba ah sama si krucil Nizam di rumah:)

    BalasHapus
  4. (*catett pengalaman mba mayya)
    iya yah.. daripada dipaksain lebih baik suruh milih..
    good treatment d(",)

    BalasHapus
  5. melatih anak berpikir kritis ya mbak mayya :)

    BalasHapus
  6. hehehehe ntar kalo anaknya gedean, selain bisa membalikkan pertanyaan bisa juga nolak pilihan yang disediakan

    BalasHapus
  7. hahaha kereen mbaa pilihan2nya..
    boleh ya dicontek..;))

    BalasHapus
  8. pertanyaan favoritku ke Ariq "mau mandi dulu ato makan dulu?" intinya dua2nya ttp harus dikerjakan :D

    BalasHapus
  9. mbak mayya, dah pernah bikin postingan tentang setrap kagak? apa sama kaya konsepnya nanny 911? kasih link dunk kalau udah pernah :)

    BalasHapus
  10. hore...mayya udh pake domain sendiri.. :D

    emg soal pilihan aku juga sekarang pake cara itu buat Arya..dan lebih berhasil dibanding ngamuk2 sndiri..hehehe

    BalasHapus
  11. pascal juga paling takut tuh mbak kalau pupnya susah makanya suka aku taku2i supaya mau makan sayur

    BalasHapus
  12. hihi noted ah... persiapan ntar klo udh punya anak.. nanti ktika umurnya bertambah pasti pinter cari alesan. musti cari cara baru lg,hihihi..

    BalasHapus
  13. iya bener.. sy juga suka kasih pertanyaan spt itu.. tp kadang sy suka ngarep anak2 milih jawaban yg saya mau.. kl mereka ternyata jawabannya beda jd sy suka rada maksa.. :p

    BalasHapus
  14. Ngancem buang mainan ke tong sampah! Samaaa! Hahahaha...tapi k n a udah gak mempan dikasih pilihan gitu. Jerit2 gak karuan. Kalo anak temen gw gini: "mami tinggal sini aja ya?" Kalo nolak pulang. Anaknya jawab "dadaaaah"
    Wkwkwkwkwk...

    BalasHapus
  15. hihihihi... kalo udah ngerti jangan-jangan malah bisa cari alasan lain hihihi... :D

    BalasHapus
  16. Iya may klo dah gedean pasti nawar ato balikin pertanyaan kita hehe mesti lbh pinter lg dah qta nya :D

    BalasHapus
  17. manusia terkadang gengsi untuk mengatakan hidup bukan pilihan, entah kenapa. Karena setiap dari kita pada dasarnya kagak memilih ataupun dipilih, kita hanya terpaksa melakukan apa yang ada dihadapan kita. Karena tak ada orang mau makan ikan asin, jika disampingnya ada nasi goreng komplit :)

    BalasHapus
  18. @ArmanIya ko, klo dah gedean, udah gak berlaku yang ginian. Andrew cocok juga tuh diajak pergi ke pasar tradisional hihihi :)

    BalasHapus
  19. @deyhahaha...tips tadi kayaknya cuma cocok ama balita ya mbak Dey :D

    BalasHapus
  20. @Seagatemdh2an nizam nurut ama kang bejo *eh

    BalasHapus
  21. @zahra hilabiinget-inget tips ini ya zahra >__<

    BalasHapus
  22. @Bunny Catiya nih mbak, kayaknya cuma cocok utk balita deh :)
    Blog-nya apa yah? gak terlihat di profilenya ;)

    BalasHapus
  23. @Desiayo dicoba mbak Des! Good luck!

    BalasHapus
  24. @Miss RochmaBelum pernah mbak, iya sama, dengan pengembangan sedikit. Ntar aku posting ya *nyatet*

    BalasHapus
  25. @Tita OktiHoreee...*toss dulu dong klo gitu*

    BalasHapus
  26. @Lidya - Mama Cal-Viniya mbak, aku sempat baca cerita mbak yang itu, makanya aku tiru utk Little Bee loh :)

    BalasHapus
  27. @Dongeng Denuhahaha iya bener mbak, klo udah sekolah, yg ginian udah gak berlaku :D

    BalasHapus
  28. @myra anastasiaiya mbak, klo untuk anak2 yg lebih besar, harus pake metode lain kayaknya >__<

    BalasHapus
  29. @rinasungguh terlalu! hahaha...klo udah cerdik, harus cari metode lain deh >__<

    BalasHapus
  30. @AndyKalo aku milih makan nasi goreng pake ikan asin mas *maruk*

    BalasHapus

Your thoughts greatly appreciated! Share it with us! (^_^)
Nowadays, I've been have hard times to reply comments or blogwalking to your blog. So, thank you so much for visiting me here!

Facebook

This blog is
Protected by Copyscape Plagiarism Detection
myfreecopyright.com registered & protected
DMCA.com
Copyrighted by Mayya.
Don't copy anything of this blog without any permissions.