//
- 1 Mei 2013

Ketika si Kecil Tersedak

Kemarin malam adalah sebuah mimpi buruk bagi saya. Little Bee (sekarang 3 tahun 8 bulan) sedang menonton kartun di TV dan menikmati permen Ment*s. Saya sedang sibuk membereskan rumah sementara ayahnya belum pulang kantor. Tiba-tiba dia menangis keras, saya kaget dan segera menghampirinya. Ternyata dia tersedak!



Saya berusaha untuk tidak panik. Sembari mengingat kembali pertolongan pertama untuk balita tersedak, saya mencoba cara pertama : meletakkan dia  sedikit nungging di kaki saya (posisi saya berlutut, sehingga kepala si kecil lebih rendah dari dada) dan menepuk-nepuk keras tengkuknya. Permen itu belum juga keluar. Saya berusaha supaya ia minum, tapi ia tidak bisa. Little Bee terus menangis dan wajahnya mulai merah padam. Ia mulai susah bernafas.

Disini saya mulai panik. Kembali saya praktekkan cara kedua : memeluknya dari belakang, dengan semua jari saling berkait, saya menyentak kuat tangan saya di sekitar diafragma bagian atas. Permen itu belum juga keluar!

Ya Allah! Saya makin panik dan mulai menangis! Kejadian tahun lalu yang menimpa anak kenalan suami yang meninggal karena tersedak kacang berkelibat di kepala saya. Saya tidak mau kehilangan Little Bee! Saya kembali mencoba cara pertama sambil berkata ke Little Bee untuk memuntahkan permennya. Sempat terniat untuk memanggil tetangga, namun saya ingat, balita tidak bisa menahan nafasnya terlalu lama. Orang dewasa saja sulit untuk menahan nafas hanya semenit. Waktu sangat sangat berharga, pikir saya!
Saya coba terus kedua cara secara bergantian, daaaan permen itu keluar! Alhamdulillah!

Bukan main leganya hati saya! Rasanya seperti nyawa yang dikembalikan ke raga. Saya peluk Little Bee, dan kami menangis berdua. Saya berdoa, bersyukur Yang Diatas masih berkenan memberikan saya waktu untuk merawat Little Bee.

Kejadian ini mungkin tidak sampai semenit, tapi terasa seperti berjam-jam.

Saya bersyukur, dengan ke-paranoid-an saya sebagai ibu dan berbekal ilmu sebagai Palang Merah Remaja dulu, saya bisa menyelamatkan si kecil dengan mempelajari P3K tersedak. Ilmu yang tidak seberapa tapi luar biasa manfaatnya untuk keselamatan anak.

Mudah-mudahan tulisan ini menambah ilmu para ibu yang juga memiliki balita ya!


Note : Sumber lebih lengkap untuk pertolongan pertama pada bayi/balita tersedak bisa dilihat disini dan disini. Bunda bisa praktekkan di rumah sesekali.


post signature

37 komentar:

  1. oh, gitu yah caranya.. tak ingat-ingat dan tak praktekkan dengan boneka dulu. makasih May.. :)

    BalasHapus
  2. ya ampun... kebayang dah paniknya...
    emang kalo anak kecil sampe kesedak itu bahaya banget. orang dewasa aja bahaya apalagi anak kecil ya...

    BalasHapus
  3. aku bacanya samapi tegang May... ya Allah... alhamdulillah ya, akhirnya permennya keluar, aku akan ingat2 terus tips ini...

    BalasHapus
  4. masya Allah aku sampe ikkutan mau nangis bacanya mba Mayy..

    ini aku save ya linknya..makasih banget buat sharingnya..

    Alhamdulillah semua udah baik2 ya..*peluuuk Little Bee*

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah.. Little bee sehat2 aja.. Makasih sharingnya ya may.. Sangat bermanfaat.. :)

    BalasHapus
  6. syukurlaaaah, little bee baik2 aja. *peluk*

    saya jg punya pengalaman mb nisa tersedak buah apel. umur 11 bulanan kalo ga salah, saya kasih nisa apel potong (ga dikukus dulu). padahal motongnya udh kecil2, mungkin karena nisa blm tumbuh gigi, jd makannya langsung ditelan gitu. wuaah, panik waktu nisa megap2 keselek apel. iya, saya praktekin persis kayak mb mayya, gambar 1 dan gambar 2, berulang2. untung cepet keluar lagi tu apel. nisa langsung nangis keras. saya udh keringet dingin mbaaaa. :(((

    sampe sekarang masih agak trauma ngasih apel, jd nisa blm saya kasih apel lagi sejak kejadian itu. nunggu gigi gerahamnya tumbuh dulu lah. hehehe.

    BalasHapus
  7. subhanalloooh
    subhanallooooohhhh...
    aku bacanya sambil deg deg an..

    terima kasih
    akan kuingat ingat postingan ini

    BalasHapus
  8. Ya Allah...ikut panik bacanya :(
    ALhamdulillah sudah keluar ya permennya.
    Kalau sy kasih permen sll dipecah dulu,diremukkan, digigit sebalum dibuka bungkusnya. Biarpun anak kesel karna permennya remuk, itu cara sy spy anak2 sy yg msh balita tdk tersedak. Syukurlah blm prnah ada yg tersedak. Anak2 (saat balita) jg jarang makan permen yg keras, seringnya yg lembek. Soalnya udah tau bakal digigit dl sama ibunya, hehe

    BalasHapus
  9. Ya Alloh May, sedih banget bacanya. Bahaya bener ya tersedak itu. Aku inget-inget deh ini. Makasih share-nya, ya. Salam peluk buat Little Bee ;)

    BalasHapus
  10. *peluk lil Bee*
    Semoga ga tersedak lg, tengkyu sharingnya ya May, berguna bgt.

    BalasHapus
  11. Syukurlah...aku pernah ke UGD ketika berusia SMA, gara-gara makan permen sambil menyapu, dan bukan saja ketelak, tapi permen RELAK** itu melintang, suaaaakiiitnya luar biasa. Berselang tidak sampai satu tahun, permen FO** yang gede itu, lolos dengan selamat, langsung masuk tenggorokan, Alhamdulillah. Yang terakhir adalah vitamin C yang buletannya besar???? ada apa dengan tenggorokkanku?

    BalasHapus
  12. kejadiannya sm sama ponakan saya mbk,ibunya nangis lihat anaknya yang kesedak permen...
    lagi lagi dapat ilmu,,,makasih mbk may

    BalasHapus
  13. Pasti berguna banget sharing ini

    BalasHapus
  14. Huaaaaaa... Alhamdulillah dirimu walaupun panik tapi tetep bisa tenang berpikir ya May..

    Makasih infonya.. pasti berguna banget, ga cuma untuk ke anak2 tapi ke orang dewasa juga.. *peluuuk*

    BalasHapus
  15. @DesiIya mbak Desiiii *peluk*

    BalasHapus
  16. @ristin Iya, makasih ya mbak Ristin...

    BalasHapus
  17. @kartika kusumastutialhamdulillah nisa gak kenapa-napa juga ya mbak *peluk*

    BalasHapus
  18. @ElsaMdh2an bermanfaat ya mbak Elsa...

    BalasHapus
  19. @Emak RiweuhIya mbak, bisa juga pakai cara itu ya. Tapi permen mentos itu gak bisa dipecah dan lunak kalau sudah diemut, jadinya gak nyangka aja :(

    BalasHapus
  20. @DellaMdh2an berguna ya mbak *peluk dari Little Bee*

    BalasHapus
  21. @Astin AstantiWah, ternyata gak balita aja ya mbak....Mdh2an mbak gak kenapa-napa lagi ya...

    BalasHapus
  22. Mayyaaaa.....
    akhirnya aku bisa mampir dimari lagi
    kebayang tuh paniknya kyk gmn
    #peluk Little bee#
    eh tp beneran aq baru tau nih kalo menghadapi anak yg tersedak
    thanks share nya yaaa....

    BalasHapus
  23. Aduuuhh, untung bisa keluar yaa. Sungguh menegangkan. Aku ingat kejadian ini pernah menimpa Si Cantikku. Mana yang di rumah cuma mbak ART. Untunglah si Mbak cerdas dan tidak panik, dia tepuk keras tengkuk Si Cantik dan permen langsung keluar.

    Sejak saat itu aku selalu mengingatkan kedua malaikatku untuk duduk manis dan kunyah permen jika sedang makan permen. Tidak boleh diemut :D

    BalasHapus
  24. untung bunda'a pinter, coba dodol, pasti udah teriak kagak jelas alias panik akut trus anak'a di biarin, heheheh
    emang rentan masalah begituan mba, terhadap anak kecil, maka'a butuh pengawasan ekstra dari sang orang tua

    BalasHapus
  25. wah makasih sharingnya.

    tersedak bisa dialami siapa aja loh. Orang dewasa juga bisa tersedak. Kebayang tegangnya waktu kejadian itu.

    BalasHapus
  26. Kenapa kejadian Little Bee bersamaan ama Bim (20 months) ya? Syukurnya udah pernah latihan first aid, jadi yang cuma 1.5 menit itu cepat berlalu. Kejadiannya pas di mobil ;((

    BalasHapus
    Balasan
    1. *puk puk mbak Ade*
      Alhamdulillah kalau Bim gak papa. Sejak itu jadi parno sama permen ;-(

      Hapus
  27. uhmmmmm mbak maya kerja jadi perawat yahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ish, baca dulu post-nya atuuuh! *jitak*

      Hapus
  28. mbak, anak saya dulu juga pernah trsedak. Umurnya waktu itu 15 bln. Bkn trsedak makanan tapi TUTUP BOTOL FANTA! Ya Allah. . . Saya congkel kerongkongannya pake jari tengah, alhamdulillah dapat dn saya buang lgsg ke tong sampah. Trauma ampe skrg.
    ~ intania ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah mbak, alhamdulillah, si kecil baik-baik saja *hugs*

      Hapus

Your thoughts greatly appreciated! Share it with us! (^_^)
Nowadays, I've been have hard times to reply comments or blogwalking to your blog. So, thank you so much for visiting me here!

Facebook

This blog is
Protected by Copyscape Plagiarism Detection
myfreecopyright.com registered & protected
DMCA.com
Copyrighted by Mayya.
Don't copy anything of this blog without any permissions.