//
- 20 Okt 2014

Roll Kyabetsu ala Mayya

Rendang udah. Sate udah. Sup udah. Kalio udah. Masak apa lagi ya?
Kalau sudah Idul Adha, bingung mau masak apa lagi dagingnya deeeeh!
Gimana kalau sajian Jepang yang sederhana tapi rasanya wah?

Yuk masak:

ROLL KYABETSU (KOL GULUNG)

Ala Mayya


Bahan:
9-10 lembar kol
250 gr daging ayam giling (saya pakai daging sapi)
3 sendok makan tepung roti, dilunakkan dengan 4-5 sendok susu cair. Kalau tidak ada tepung roti, bisa gunakan roti yang disobek-sobek
1/2 sendok makan tepung terigu
garam
merica halus
kaldu ayam/sapi (saya pakai royco)
bawang goreng secukupnya
9-10 butir telur puyuh rebus

Cara membuat:
1. Rebus kol dengan bagian tulangnya terendam air paling bawah. Cukup hingga kol lunak saja, agar tidak patah ketika melipat daging.
2. Di wadah berbeda, campurkan tepung roti yang sudah direndam susu, bawang goreng, garam, merica halus, kaldu bubuk dan tepung terigu pada daging giling. Aduk rata. Untuk mengetes rasanya, rebus sedikit daging lalu cicipi.
3. Ambil sesendok makan adonan daging, pipihkan di telapak tangan, letakkan telur puyuh, lalu bulatkan hingga daging menutup telur puyuh
4. Kerat tulang kol sedikit, lalu bungkus daging tadi dengan kol, seperti melipat amplop. Eratkan dengan tali dari daun pandan atau daun serai bila perlu.
5. Susun daging kol di dasar panci, lalu masukkan air hingga menutup seluruh susunan daging. Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk. Didihkan air selama 20-30 menit.
6. Setelah matang, tiriskan dan sajikan dengan saus sambal atau mayones. Atau sajikan dengan kuah kaldu panas dan mie kuning basah. Sisa kaldu bisa disimpan di freezer untuk dijadikan sup atau kaldu tumis sayuran.

Selamat makan!

post signature

28 komentar:

  1. *drooling liat gambarnya*
    mau coba resepnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbaak dicoba! radit pasti suka!

      Hapus
  2. Roll Kyabetsu Ala Mayya bole juga dicoba

    BalasHapus
  3. aku pernah di ajarkan nih buatnya sama temen tapi belu kesampaian bikin :) hihihi amles ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak dicoba, enak banget loooh! *provokator

      Hapus
  4. Balasan
    1. Ayo mbaaak! Nai pasti sukaaa!

      Hapus
  5. wah kyknya enak
    aku biasanya kalau bikin siomay bandung ada kol gulung isi ayamnya gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak, mirip siomay. Bedanya ini direbus. Kalau siomay biasanya dikukus yak :)

      Hapus
  6. Namanya aja masih asing banget di telinga saya mah mbak, rada ke jepang-jepangan gitu ya, tapi kayaknya maknyus juga tuh, jadi pengen nyobain deh...

    salam kenal sekalian ijin follow blognya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya aja yang Jepang mas, rasanya tetap Indonesia koook :)
      Salam kenal kembali dan makasih sudah berkunjung...

      Hapus
  7. Kayaknya kalo pake udang giling juga maknyuss ya mak.... disiram kuah kacang. Jadi siomay deh... hehehe *ngiler :D

    BalasHapus
  8. wah hobi juga buat masakan jepang ya mba.. jadi pengen,,, *laper

    BalasHapus
  9. Mirip Kimci dari Korea Selatan yah ?
    cuman kalo kimci lebih basah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kimchi pake daging juga yah? Baru tau nih...

      Hapus
  10. Mayaaaaaaaaaaaa.. aaaaaaaaaaaaakkkk.. aku padamuuuuuuuuuu ^^
    Pas banget ini lagi cari modifikasi lauk yang nggak pake goreng-goreng. Makasih, ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget nihhh! Kalau udah jadi, pamerin di blog yaaak! :>)

      Hapus
  11. Mantafffff rsesepnya mbak Maya, kayaknya aku harus nyobaik deh soalnya terbaca gampang utk emak2 nggak mau ribet kayak aku :D.... izin nyatet ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gampang banget, pas untuk emak rempong hehehe...Lanjut mbak! Silahkan :)

      Hapus
  12. wah sepertinya enak sekali .. kirim ke sini doong :D

    BalasHapus
  13. pengeenn coba ahhh... menggoda sekalii keliatannyaa :)

    BalasHapus
  14. kalau dari jauh terlihat seperti siomay yaa .. enak sepertinya

    BalasHapus
  15. roll kyabetsu? baru tahu makanan ini..aku jdi pngn ngicipi..hehe
    dilihat dari gambarnya bikin perutku laper bun..hehe

    BalasHapus

Your thoughts greatly appreciated! Share it with us! (^_^)
Nowadays, I've been have hard times to reply comments or blogwalking to your blog. So, thank you so much for visiting me here!

Facebook

This blog is
Protected by Copyscape Plagiarism Detection
myfreecopyright.com registered & protected
DMCA.com
Copyrighted by Mayya.
Don't copy anything of this blog without any permissions.