//
- 11 Mar 2016

Manfaat Mengatur Pola Tidur Anak

Rasa senang karena dianugerahi dua buah hati yang sehat dan pandai memang tidak ada duanya. Setiap detik pertumbuhan Bee dan Boo rasanya tentu tidak ingin saya lewatkan. Sebagai orangtua, rasanya saya tentu harus belajar seumur hidup demi memberikan yang terbaik.


Banyak sekali hal kecil yang akhir-akhir ini saya perhatikan dari Bee dan Boo. Ketika keduanya kurang tidur, mereka akan merasa kurang bersemangat saat menjalankan aktivitas di siang hari. Jadi, apakah mengatur pola tidur anak memang ada manfaatnya? Bagaimana caranya?


Inilah Manfaat Mengatur Pola Tidur Anak

Mengatur pola tidur anak dengan baik akan memberikan manfaat pada tumbuh kembang anak. Ketika tidur, tubuh anak akan mengolah segala nutrisi yang dikonsumsi dan menyalurkannya untuk perkembangan fisik maupun mental.
Itulah sebabnya pola tidur anak patut diatur secara disiplin. Supaya si kecil terbiasa untuk tidur tepat waktu sedini mungkin. Nantinya, para ibu jadi tak akan kerepotan mengatasi buah hati yang rewel dan sulit tidur di siang maupun malam hari.

Ciri-Ciri Anak yang Kurang Tidur
Anak-anak yang kurang tidur biasanya akan tampak lesu sepanjang hari. Di samping jadi tak bersemangat, anak-anak juga jadi sering menguap, mudah tertidur ketika naik kendaraan serta malas melakukan aktivitas fisik. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, tentu saja pertumbuhan fisik dan psikis anak juga akan menjadi terganggu.

Cara yang Tepat untuk Mengatur Pola Tidur Buah Hati
Mengajak si kecil berkompromi dengan waktu tidurnya memang bukan hal yang mudah. Kalau menurut saya sih, butuh waktu yang cukup lama supaya si kecil terbiasa dengan jam tidur yang sama setiap hari. Jangan sampai ibu mengalah pada si kecil yang masih sibuk bermain atau menonton televisi ketika sudah waktunya tidur, ya!

Jika ibu sudah menetapkan waktu tidur yang teratur, maka lama kelamaan si kecil tak akan merengek lagi sebelum tidur. Selain tidur malam, waktu tidur siang juga harus diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai anak-anak bangun terlalu sore sehingga pada malam hari mereka jadi tidak mengantuk.

Satu lagi nih hal penting sebelum menerapkan pola tidur teratur pada anak. Kalau saya sih membiasakan Bee dan Boo untuk menyikat gigi serta cuci tangan dan kaki sebelum tidur. Buat saya sih gak susah untuk menerapkan hal tersebut. Karena untuk mendapatkan peralatan kebersihan Bee dan Boo, saya terbiasa belanja online di MatahariMall. Saya jadi gak merasa repot karena semua pesanan dari toko online terpercaya tersebut siap diantar ke rumah setelah konfirmasi pembayaran. Ternyata MatahariMall mempermudah aktivitas saya sebagai orangtua siaga setiap hari.





Sudah pernah mencoba?
post signature


Disclosure : Post ini merupakan compensation level 12. Silahkan kunjungi page Disclosure blog ini untuk mengetahui lebih banyak tentang compensation level.


6 komentar:

  1. Aku dulu susah banget tidur siang, tapi pas udah gedebegini nyesel. Padahal, tidur siang itu nikmat lho. Hoho

    Sebelum tidur siang juga melakukan ritual sikat gigi kak mayya ? wah keren, semoga nanti jadi kebiasaan yang baik buat bee dan boo :))
    Kenapa nggak ada kata 'Little' nya lagi ?

    BalasHapus
  2. Aku kesulitan untuk mengatur jam tidur siang. Di sini kadang anak2nya ngajakin anakku main. Kondisi juga kurang kondusif buat bikin anak bobo.

    BalasHapus
  3. iyess bener banget..kalo tidur udah terpola, pasti anak2 akan terbiasa dan secara ga sadar akan disiplin mengikuti pola tidur yang udah terbentuk baik ;)

    BalasHapus
  4. pola tidur anak-anak memang harus dibiasakan sejak dini. salah satu bentuk melatih disiplin juga. dan yang pastinya, tidur yang cukup akan sangat menunjang tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  5. terimakasih sharingnya, cocok dah buat anak saya, : )

    BalasHapus

Your thoughts greatly appreciated! Share it with us! (^_^)
Nowadays, I've been have hard times to reply comments or blogwalking to your blog. So, thank you so much for visiting me here!

Facebook

This blog is
Protected by Copyscape Plagiarism Detection
myfreecopyright.com registered & protected
DMCA.com
Copyrighted by Mayya.
Don't copy anything of this blog without any permissions.